Simak Statistik

Selasa, 09 Agustus 2011

Kerangka Analisis Gender: Kerangka Kabeer (Bagian 2.)



Latar belakang
Pendekatan bagi perencanaan ini dikembangkan oleh Neila Kabeer di Institute of Development Studies, Sussex University, Inggris bekerjasama dengan para pembuat kebijakan, akademisi, dan aktivis dari Selatan. Unsur-unsur kunci pendekatan ini adalah:
  1. Sasaran pembangunan  adalah kesejahteraan manusia
  2. Konsep relasi sosial
  3. Analisis institusi sosial


Tujuan
Pendekatan ini dimaksudkan sebagai alat untuk menganalisis ketidakadilan gender yang ada dalam distribusi sumberdaya, tanggung jawab dan kekuasaan, serta untuk merancang kebijakan dan program yang memungkinkan bagi kaum perempuan untuk menjadi agen bagi pembangunannya sendiri.

Pendekatan ini berkonsentrasi pada hubungan-hubungan antar orang dan hubungan mereka dengan sumberdaya dan aktivitas dan bagaimana hal ini dikerjakan lagi melalui institusi.


Komponen kerangka pendekatan relasi sosial...>>>


Tidak ada komentar:

Talisman

"Saya akan memberikanmu talismanIngatlah wajah si paling miskin dan si paling lemah yang mungkin pernah kau temui, kemudian tanyakan pada dirimu sendiri, apakah langkah yang kamu rencanakan akan berguna baginya. Apakah dia akan memperoleh sesuatu dari langkah itu? Apakah itu akan membuat dia dapat mengatur kehidupan dan nasibnya sendiri? Maka akan kamu dapatkan keraguan itu hilang.” Mahatma Gandhi