Simak Statistik

Senin, 08 Agustus 2011

Kerangka Analisis Gender: Kerangka Harvard (Bagian 1.)



Supporting Human Rights Community akan menyajikan 4 kerangka analisis gender dalam sebuah daur proyek:
  1. Kerangka Harvard
  2. Kerangka Kabeer
  3. Keranga Longwe
  4. Kerangka Moser



Kerangka Analisis Harvard untuk Analisis Gender


Profil  kegiatan
Mengidentifikasi seluruh tugas produktif dan reproduktif yang relevan serta mengajukan pertanyaan: Siapa mengerjakan apa?

Perinciannya yang dibutuhkan tergantung pada sifat proyek tertentu. Bidang -  bidang  yang akan dimasukkan secara langsung dengan proyek harus diuraikan dengan sangat terperinci. Misalnya, jika proyek ini berkenaan dengan masalah pertanian maka pembagian kerja berdasarkan gender (gender division of labour) harus diteliti bagi masing – masing kegiatan pertanian per tanaman atau per jenis bidang seperti izin pertanahan, persiapan, dll.

Profil  akses dan kontrol: sumberdaya dan keuntungan
Mengidentifikasikan dan menyusun daftar sumberdaya yang digunakan untuk melakukan pekerjaan yang diidentifikasi dalam Profil  Kegiatan. Profil ini memperlihatkan siapa yang memiliki akses kepada sumberdaya dan kontrol atas penggunaannya. Keuntungan yang diwujudkan dari produksi rumah tangga (dan komunitas) serta penggunaan sumberdaya juga diidentifikasi dan disusun daftarnya. Kolom-kolom menunjukkan apakah perempuan dan laki-laki mempunyai akses atau tidak kepada sumberdaya dan kontrol atas penggunaannya. Orang yang mengontrol sumberdaya adalah orang yang pada akhirnya dapat membuat keputusan mengenai penggunaan sumberdaya tersebut: bagaimana sumberdaya itu akan digunakan, apakah sumberdaya itu dapat dijual,dll.

Faktor-faktor  yang mempengaruhi
Memetakan faktor-faktor yang mempengaruhi pembedaan gender yang diidentifikasi dalam kedua profil di atas tadi. Mengidentifikasi pengaruh yang lampau dan sekarang dapat menyajikan suatu indikasi perubahan dan kecenderungan bagi masa depan. Faktor-faktor ini juga dapat dipertimbangkan bagi kesempatan dan keterbatasan yang mereka hadapi sekarang untuk meningkatkan keterlibatan perempuan dalam proyek dan program pembangunan.. Faktor yang membentuk relasi gender, serta memberikan kesempatan dan pembatasan yang berbeda kepada laki-laki dan perempuan, adalah luas dan saling berkaitan serta mencakup faktor-faktor

Pertanyaan-pertanyaan kunci untuk siklus proyek
Terdiri atas kumpulan pertanyaan untuk menguji usulan proyek atau bidang intervensi mengingat perubahan sosial dan data gender yang berserakan.



Tidak ada komentar:

Talisman

"Saya akan memberikanmu talismanIngatlah wajah si paling miskin dan si paling lemah yang mungkin pernah kau temui, kemudian tanyakan pada dirimu sendiri, apakah langkah yang kamu rencanakan akan berguna baginya. Apakah dia akan memperoleh sesuatu dari langkah itu? Apakah itu akan membuat dia dapat mengatur kehidupan dan nasibnya sendiri? Maka akan kamu dapatkan keraguan itu hilang.” Mahatma Gandhi