Simak Statistik

Senin, 11 Juli 2011

MANUAL PERENCANAAN, MONITORING, DAN EVALUASI PROGRAM

Oleh Arifin, Herizal Effendi, Fatima Shabodien, Nori Andriani. Sekali mendayung 3-5 pulau terlampaui. Manual ini memulai melakukan montoring dan evaluasi (M&E) dengan menelusuri titik awal perencanaan suatu progam. Cara menelusurinya pun melalui teknik-teknik dan langkah-langkah fasilitasi sebuah pelatihan perencanaan dan M&E. Jadi dengan mengikuti panduan ini anda akan mendapatkan sejumlah pembelajaran bagaimana membuat perencanaan, M&E, dapat melatihkannya, sekaligus menjadi fasilitator perencanaan, M&E. Kata aktris Dian Sastro, jika cukup 1 buat apa 5. Apabila tersedia dalam satu manual maka buat apa perlu tergesa-gesa membuat lima manual.

Manual atau panduan ini dibuat berdasarkan pelatihan-pelatihan dan bantuan teknis yang diselenggarakan oleh CSSP-USAID untuk CSO lokal (civil soceity organizations), mitra di Indonesia selama tahun 2000-2004. Didalamnya, termuat juga hal-hal yang dianggap sebagai bahan dasar M&E. Dalam tiap bagian, kami menyajikan tinjauan teoritis sederhana mengenai subyek yang bersangkutan, dilanjutkan dengan kasus ilustrasi atau pelajaran praktis sesuai dengan referensi yang sama dari sumber materi lain.

Anda juga akan memperoleh modul pelatihan M&E untkuk empat hari pelatihan (Silabus dan presentasi PowerPoint) yang bisa dipergunakan untuk kegiatan yang dapat anda atau organisasi anda selenggarakan sendiri.  Jumlah hari dapat anda rancang sesuai kebutuhan, ini bukanlah jumlah hari harus dipatuhi dengan ketat.

Oleh karena itu, panduan ini dibuat dengan tujuan sengaja untuk memenuhi kebutuhan CSO terhadap sumber materi M&E, kami sangat mendukung perbanyakan dan proses berbagi atas isinya diantara organisasi non-profit atau agency atau pihak lain, jika mungkin.  Dengan tulus kami berharap agar panduan ini akan dapat berguna untuk organisasi anda dan berkontribusi secara konstruktif terhadap realisasi tujuan organisasi anda.


Daftar Isi

Unit I. Pengantar Monitoring dan Evaluasi  klik!

Unit II. Modul Monitoring dan Evaluasi:

*      Hari Pertama — Sesi  1. Selamat Datang dan Awal Proses  klik!
*      Hari Pertama — Sesi  2. Apa Monitoring dan Evaluasi itu  klik!            
*      Hari Pertama — Sesi  3. Analisis dan Pohon Masalah  klik!

*      Hari Kedua — Sesi 4. Analisis Stakeholders  klik!
*      Hari Kedua — Sesi 5. Analisis Tujuan  klik!

*      Hari Ketiga — Sesi 6. Matrik Logframe: Kegiatan  klik!
*      Hari Ketiga — Sesi 7. Matrik Logframe: Asumsi  klik!
*      Hari Ketiga — Sesi 8. Matrik Logframe: Indikator dan Alat Bukti  klik!
*      Hari Ketiga — Sesi 9. Matrik Logframe: Rencana M&;E  klik!

*      Hari Keempat — Sesi 10. Teknik Pengumpulan Data klik!
*      Hari Keempat — Sesi 11. Rencana Kerja dan Anggaran  klik!
*      Hari Keempat — Sesi 12. Post Test dan Evaluasi  klik!


Unit III. Slide Presentasi  klik!




Selamat Menelusuri Monitoring dan Evaluasi 
Bersama
Supporting Human Rights Community


Tidak ada komentar:

Talisman

"Saya akan memberikanmu talismanIngatlah wajah si paling miskin dan si paling lemah yang mungkin pernah kau temui, kemudian tanyakan pada dirimu sendiri, apakah langkah yang kamu rencanakan akan berguna baginya. Apakah dia akan memperoleh sesuatu dari langkah itu? Apakah itu akan membuat dia dapat mengatur kehidupan dan nasibnya sendiri? Maka akan kamu dapatkan keraguan itu hilang.” Mahatma Gandhi