Oleh Roem Topatimasang
Apa yang dimaksud dengan metodologi latihan di sini segala teknik, cara pengajian, bentuk, proses, serta alat penunjang yang diramu sebagai perwujudan dari filsafat dan teori pendidikan.
Sebagai pelatih atau pemandu latihan, tugas kita adalah menciptakan kegiatan supaya peserta dapat melibatkan diri dalam suatu proses belajar yang berurutan dan bertujuan. Adalah dengan sengaja kita menggambungkan berbagai unsur pokok dari sebuah kegiatan latihan agar proses belajar yang berdaya hasil terjadi pada diri peserta, terjadi diantara para peserta melalui proses interaksi tertentu, dan juga antara peserta dengan pemandu latihan sendiri.
Andai kata kita membaca buku-buku atau laporan-laporan yang berkaitan dengan masalah “metodologi latihan” ini, maka kita akan segera berhadapan dengan banyak istilah, seperti simulasi, ceramah, studi kasus, tanya jawab, demontrasi atau peragaan, studi lapangan, permainan, diskusi kelompok atau disko, penugasan, dsb. Belum lagi istilah-istilah asing, seperti socio drama, structure experience, icebreaker, dst. Pandangan kita nampaknya akan semakin kabur saja dengan bermunculan berbagai aliran pemikiran yang beraneka-ragam pula namanya, seperti participatory training, experiential training, andragogi, dst.
Baca selengkapnya dan [unduh di sini]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar