Simak Statistik

Selasa, 02 Desember 2014

Memberikan dan Menerima Umpan Balik Saat Diskusi atau Pelatihan

Berbicaralah sebagai orang pertama
Pernyataan seperti “saya rasa…” atau “ ide anda mengenai…” mengkomunikasikan tanggung jawab personal sebagai tanggapan. Anda tidak mengklaim berbicara untuk orang lain.

Spesifiklah  
Pernyataan seperti “ketika anda mengatakan ini, saya…” atau “ide anda mengenai…” berfokus pada tindakan tertentu atau pernyataan tertentu. Hindari komentar yang umum seperti “ Anda tetap saja…” atau “Anda selalu…”.

Tantang ide atau aksinya, bukan orangnya
Ini tidak membantu menggambarkan perhatian pada tingginya suara atau kegagapan seseorang. Fokuslah pada tindakan atau perilaku yang orang tersebut dapat diubah (apabila setuju hal ini akan sangat berguna).

Kombinasikan pengakuan keberhasilan dengan tantangan untuk perbaikan
Sekali lagi, secara sespesifik mungkin. Misalnya, jika seseorang berkhotbah dengan suara keras pada presentasi  tetapi seketika melibatkan orang lain (misalnya, peserta) secara langsung pada sekali kesempatan. Hal ini sebaiknya dilihat atau dirujuk sebagai sisi positif sebagai sebuah model spesifik berkiatan dengan nada, strategi, dan gaya penceramah.

Berikan pertanyaan untuk perlu penjelasan atau menggali alasan lebih lanjut 
Pertanyaan seperti “apa yang anda pertimbangkan ketika anda memutuskan…?” atau “apa yang anda maksud ketika anda mengatakan…?” memberikan nilai tambah dengan pemilihan dan penilaian. Pertanyaan tersebut juga menghindari kritik dan saran yang tidak relevan dengan apa yang orang tersebut coba lakukan.

Mengidentifikasi ”jembatan” 
Ketika anda memberikan umpan balik ke peserta, ingatkan peserta tersebut mengenai apa persamaan yang anda miliki atau anda memilik persamaan. Komentar seperti ”saya tahu ketika kita melakukan X  kita cenderung untuk…”, ingatkan orang tersebut bahwa anda berada pada sisi yang sama. Kadangkala sebagian dari jembatan yang sama ini dapat memberikan perbedaan. Sebagai contoh, ”sebagai pria, pengalaman saya sedikit berbeda, tetapi…”.

Mengetahui bagaimana anda menghubungkan ke suatu masalah
Karena orang dapat belajar banyak dari apa yang telah terjadi secara buruk, hal ini membantu anda bagaimana menunjukkan bagaimana juga anda mengalami masalah yang sama. Pernyataan seperti “saya sendiri juga telah mengalami masalah ini” atau “hal ini sangat membantu saya/kita untuk berfikir karena…” menekankan bahwa ini bukan hanya latihan akademik untuk anda sebagai fasilitator.

Sumber:
Equitas, Membangun Kapasitas Tim Pendidikan RANHAM: Pelatihan untuk Pelatih, Panduan Pelatihan untuk Panitia RANHAM yang diselenggarakan oleh Equitas dan Direktorat Jenderal HAM Departemen Hukum dan HAM di Puncak, Bogor, 16 – 17 Juli 2007.

Tidak ada komentar:

Talisman

"Saya akan memberikanmu talismanIngatlah wajah si paling miskin dan si paling lemah yang mungkin pernah kau temui, kemudian tanyakan pada dirimu sendiri, apakah langkah yang kamu rencanakan akan berguna baginya. Apakah dia akan memperoleh sesuatu dari langkah itu? Apakah itu akan membuat dia dapat mengatur kehidupan dan nasibnya sendiri? Maka akan kamu dapatkan keraguan itu hilang.” Mahatma Gandhi